Kompetisi lari telah dikenal sejak 776 SM [2]. Kompetisi lari adalah salah satu cabang olahraga tertua, yang menurutnya peraturan kompetisi yang disetujui dimasukkan dalam program sejak Olimpiade pertama kali pada tahun 1896. Untuk pelari, kualitas yang paling penting adalah: kemampuan untuk mempertahankan kecepatan tinggi di kejauhan, daya tahan (untuk menengah dan panjang), daya tahan kecepatan (untuk lari cepat), reaksi dan pemikiran taktis.

Kompetisi lari diadakan di stadion atletik khusus dengan trek lengkap. Di stadion musim panas biasanya ada 8-9 trek, di stadion musim dingin – 4-6 trek. Lebar lintasan adalah 1,22 m, garis yang memisahkan lintasan adalah 5 cm. Penandaan khusus diterapkan pada lintasan, menunjukkan awal dan akhir semua jarak, dan koridor untuk transmisi tongkat.

Kompetisi sendiri hampir tidak memerlukan syarat khusus. Yang paling penting adalah pelapis yang membuat treadmill. Secara historis, pada awalnya jalan itu adalah tanah, abu, aspal. Saat ini, trek stadion terbuat dari bahan sintetis – seperti tartan, recortan, regupol, dan lainnya. Untuk permulaan internasional utama, komite teknis mengesahkan kualitas lapisan di beberapa kelas.

Sebagai sepatu, atlet menggunakan sepatu lari khusus – kancing yang memberikan cengkeraman yang baik.
Kompetisi lari diadakan di hampir segala cuaca. Dalam cuaca panas, lari jarak jauh juga dapat diselenggarakan di outlet makanan.